| 
  Apa yang   membuat sebuah game RPG   begitu menarik dan membius bagi para penggemarnya? Selain plot epik yang   dihadirkan, kesempatan untuk mengembangkan karakter, musik yang membangun   atmosfer, dan visualisasi, tema utama yang bergerak di sekitar dunia fantasi   juga menjadi daya tarik yang tidak kalah penting. RPG memberikan kesempatan   bagi kita untuk merasakan pengalaman secara langsung untuk terlibat di dalam   dunia yang selama ini hanya muncul dalam cerita dan khayalan. Ini menjadi   kesempatan terbaik untuk bermain peran sebagai sesuatu yang hanya bisa kita   impikan sejak kecil: menjadi seorang pahlawan.
 Para   gamer yang mencintai genre RPG pasti menemukan satu tali merah yang   menghubungkan semua game yang berbeda ini di dalam satu semesta yang sama.   Tidak hanya elemen kecil seperti adanya bar angka dan hal kecil lain seperti   HP – MP, atau mekanisme gameplay yang mirip satu sama lain, tetapi juga dari   desain dunia, karakter, plot, hingga musuh di antara mereka. Perlahan namun   pasti, Anda akan menemukan bahwa sebagian besar game RPG berada pada satu pola   besar yang sama. Banyak elemen yang datang berulang secara konsisten dan   menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia RPG.
 Salah   satu unsur yang mungkin sering terlupakan adalah musuh yang dihadirkan di dalam   genre ini. Walaupun cerita memang lebih berfokus pada   karakter utama, namun kehadiran musuh sebagai pihak oposisi yang memberikan   tantangan tidak kalah pentingnya. Interaksi antara karakter utama dan pihak   musuh, terutama monster yang ada, dalam pertempuran maupun event-event   sinematik menjadi bumbu penyedap terkuat bagi sebuah game. Seringkali,   kehadiran mereka justru menghadirkan satu sensasi epicness tersendiri. Tidak jarang, Anda   akan merasakan sesuatu yang kurang jika tidak bertemu dengan satu jenis dari   mereka.
Dari   semua monster yang pernah hadir di industri game, 10 monster apa saja yang   selalu terlihat di setiap game RPG apapun yang dirilis? Yang mampu menjadi   "identitas" sebuah game RPG yang mutlak? Inilah list subjektif kami:
 
Giant Rats
   Sebagian   besar game RPG yang hadir di industri game selalu meminta Anda untuk   mengembangkan karakter dari level yang paling awal. Dengan kemampuan yang masih   terbatas, damage yang rendah, dan tanpa skill sama sekali, developer tidak   mungkin akan langsung meminta Anda untuk melawan monster-monster besar yang   kuat (kecuali Demon dan Dark Souls, game ini memang sedikit "kurang normal").   Oleh karena itu, mereka membutuhkan monster yang cocok untuk dilawan di awal   permainan, namun sekaligus juga mampu membawa aura "berbahaya". Cara terbaik?   Dengan menghadirkan sosok tikus raksasa pemakan manusia. Ia terlihat   mengancam, tetapi juga tidak terlihat tak mungkin untuk dikalahkan. Giant   Rats adalah salah satu monster yang wajib ada.
 
Wild   Wolves
   Setelah   tikus-tikus raksasa yang mengancam, gamer pasti menemukan monster yang satu   ini. Didesain untuk memenuhi kebutuhan experience karakter yang baru   berkembang, para serigala ini memang lebih sering datang dalam kelompok.   Serangan mereka biasanya berfokus pada kecepatan dan serangan yang tiba-tiba.   Efektivitas serangan untuk menyerang anggota kelompok mereka satu per satu   memang selalu jadi strategi yang terbaik. Tipe serigala / anjing liar ini   memang merupakan salah satu spesies yang paling mudah ditemukan. Beberapa   game RPG memodifikasi spesies ini dengan beragam jenis dan penambahan, namun   tetap mempertahankan model awal yang tetap familiar.
 
Toxic Spider  Selain   tikus dan serigala, ada satu lagi monster yang selalu hadir di setiap gamer   RPG yang lahir di industri game. Namun berbeda dengan monster lain yang   diidentikkan dengan serangan fisik, monster yang satu ini lebih kental erat   kaitannya dengan status effect yang bisa ia hasilkan untuk karakter   protagonis yang kita gunakan. Benar sekali, laba-laba, apapun ukurannya ,   selalu diidentikkan dengan kemampuannya menghasilkan status poison yang   berbahaya. Walaupun mudah untuk dibunuh, di seri-seri awal RPG lawas yang   hanya mengandalkan potion untuk menyembuhkan status effect, laba-laba adalah   monster yang sangat menyebalkan. Sedikit lengah, maka poison yang ia berikan   akan perlahan datang mengklaim nyawa Anda.
 
Imps
   Tidak   lengkap rasanya jika sebuah game RPG tidak menyertakan sebuah monster dari   spesies yang bukan binatang. Dari semua opsi varian yang mampu mendatangkan   aura berbahaya yang sama dengan kelompok tersebut, dunia para Iblis memang   menjadi yang paling cocok. Dunia yang identik dengan kegelapan, kekejaman,   dan kejahatan ini memang menjadi oposisi yang paling sebanding dengan   sebagian besar karakter kita yang berdiri di sisi terang. Salah satu iblis   yang paling sering muncul di dunia RPG adalah Imp. Di beberapa game ia datang   dengan wujud manusia iblis kecil dengan sayap, sementara di tempat lain ia   divisualisasikan layaknya goblin yang datang dari neraka. Imp sering   diasosiasikan dengan serangan berbasis magic dan terkadang menghasilkan   status effect tertentu seperti Confuse dan Blind.
 
Slimey Slime
   Dari   semua monster yang ditampilkan developer di industri game, jenis monster yang   satu ini mungkin yang paling tidak berbahaya. Jika monster yang lain datang   dengan desain yang terlihat brutal dan menyeramkan, Slime datang dengan   konsep jelly membal yang tidak terlihat berbahaya. Walaupun ia seringkali   muncul sebagai musuh biasa, Slime selalu hadir dengan karakteristik yang   sama, dimanapun ia dihadirkan. Slimey slime biasanya datang dengan kecepatan   serang yang lambat namun daya tahan serangan fisik yang tidak ada   tandingannya. Hampir tidak mungkin untuk mengalahkan monster ini hanya dengan   pedang tanpa serangan magic. Di beberapa game, Slime juga memiliki kemampuan   membelah diri dan menyulitkan gamer karenanya.
 
 |